Pelatihan Pengembangan Karakter Mahasiswa Melalui Kegiatan Outbond

.

Mahasiswa adalah generasi penerus bangsa yang harus mampu beradaptasi dengan kehidupan global yang semakin penuh dengan tantangan. Tantangan-tantangan tersebut perlu dihadapi dengan memperkaya pengalaman dan latihan dengan tidak hanya sekedar menuntut ilmu dalam bangku perkuliahan. Sebagai contoh, sifat kepemimpinan, keberanian dan kerjasama dapat diperoleh melalui pengalaman dan latihan di lapangan. Salah satu kegiatan lapangan adalah outbound. Melalui outbound, diharapkan mahasiswa mampu mengetahui, memahami dan mempraktekkan langsung berbagai karakter yang diperlukan.             

Sebagai calon guru pendidikan formal yang paling dasar, dibutuhkan SDM yang memiliki: jiwa kepemimpinan, kerjasama yang baik (terutama dengan orang tua siswa), dan mempu memberikan pendidikandengan penuh percaya diri, karena hal tersebut akan berimbas pada prestasi peserta didik.       

Kegiatan ini mempunyai tujuan sebagai berikut :   (1) membekali mahasiswa dengan pengalaman kepemimpinan, keberanian dan kerjasama, dan (2) membekali mahasiswa calon guru pra sekolah dan sekolah dasar  agar dapat menjadi tenaga pengajar, serta membekali mahasiswa dengan pengalaman kepemimpinan, keberanian dan kerja sama yang baik.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam bentuk workshop dan outbond di lapangan, sedangkan  materi workshop disampaikan oleh 2 penyaji dari UPT Layanan Bimbingan dan Konseling Universitas Negeri Yogyakarta. Kegiatan dilaksanakan pada  dilaksanakan pada tanggal 22 September 2013 di Daerah Wisata Agro Mangunan Imogiri Bantul Yogyakarta. Peserta diikuti oleh 30 mahasiswa dari PGSD dan PG PAUD FIP UNY , hadir 25 orang (83,33 %).