Profil UPT-LBK UNY

 

Sejarah

Unit Pelaksana Teknis Layanan Bimbingan dan Konseling (UPT LBK) UNY yang sebelumnya pada pertengahan tahun 2011 bernama Unit Pelayanan Bimbingan dan Konseling (UPBK) UNY berdiri sejak tahun 1976 dengan konsentrasi pelayanan bagi mahasiswa UNY. Sejak tahun 1982, UPT LBK menambah cakupan layanannya yaitu disamping pelayanan terhadap mahasiswa UNY, juga melayani karyawan UNY beserta keluarga serta masyarakat umum

Visi

Mewujudkan kesejahteraan mental seluruh civitas akademik Universitas Negeri Yogyakarta

Misi

  1. Menyelenggarakan layanan bimbingan bagi seluruh civitas akademik UNY dan masyarakat.
  2. Menyelenggarakan layanan konseling bagi seluruh civitas akademik UNY dan masyarakat dalam upaya membangun kesejahteraan mental.
  3. Menyelenggarakan layanan psikologis yang berhubungan dengan pengembangan kepribadian, pemahaman potensi, seleksi dan penempatan serta rekruitmen pegawai.
  4. Memberikan pelatihan kepada civitas akademika dan masyarakat yang berhubungan dengan peningkatan prestasi belajar, pemberdayaan alumni/mahasiswa untuk memasuki lapangan kerja, pembekalan bagi karyawan yang akan pensiun, pengembangan kepribadian karyawan dan mahasiswa.

 

Tujuan

Unit Pelaksana Teknis Layanan Bimbingan dan Konseling (UPT LBK) UNY memiliki tujuan sesuai dengan visi dan misi yaitu memberikan pelayanan kepada civitas akademika dan masyarakat untuk mewujudkan kesejahteraan mental.

 

Waktu, Syarat dan Prosedur Layanan

  1. Pemberian layanan BK bagi mahasiswa, karyawan UNY maupun masyarakat yang memerlukan dilaksanakan setiap hari kerja, senin-jum'at mulai pukul 09.00  13.00 WIB, dapat juga dilayani diluar jam dengan membuat kesepakatan terlebih dahulu dengan UPT LBK UNY.
  2. Bagi mahasiswa UNY, karyawan UNY beserta  keluarganya yang memerlukan layanan tanpa dipungut biaya (kecuali layanan tes psikologis).
  3. Khusus untuk anggota masyarakat yang memerlukan layanan BK dipungut jasa sesuai dengan ketentuan.
  4. Pemberian bimbingan dilakukan oleh konselor/psikolog sesuai jadwal tugas, dapat juga yang lain sesuai pertimbangan kewenangannya. Layanan BK dilaksanakan di kantor UPT LBK UNY dan di UPP II jalanBantul.
  5. Individu yang memerlukan datang ke UPT LBK UNY atau UPP II dan mendaftarkan diri pada petugas atau dapat menghubungi ke 0274-589386, 0274 586168 pesawat 314.
  6. Mengisi blangko pendaftaran dan menyerahkan kembali kepada petugas.
  7. Proses layanan BK dapat berlangsung satu kali atau lebih.
  8. Pemberian layanan BK, UPT LBK UNY bekerjasama dengan Polklinik UNY, para Wakil Dekan III, Penasehat Akedmik, Ketua jurusan, serta instansi lain diluar UNY yang relevan.

 

Kerahasiaan

Persoalan yang yang dialami individu baik melalui layanan perseorangan maupun kelompok dijamin kerahasiaan sesuai dengan kode etik profesi

 

Karangmalang Yogyakarta 55281 Telp. 0274-589536, 386168 Psw. 314

E-mail: upt-lbk@uny.ac.id Laman: www.upt-lbk.uny.ac.id