MEMBEDAH POTENSI GENETIS MELALUI SIDIK JARI

.Selasa, 28 Januari 2014 Unit Pelaksana Teknis Layanan Bimbingan dan Konseling Universitas Negeri Yogyakarta (UPT LBK UNY) menyelenggarakan kegiatan Jurnal Club yang diisi materi Membedah Potensi Genetis melalui Sidik Jari. Di Ruang Case Conference UPT LBK sebanyak 40 orang peserta yang terdiri dari Dosen, Karyawan, Mahasiswa, dan dari masyarakat Umum, dengan serius mengikuti materi dan aktif dalam diskusi.

Dibuka oleh Kepala UPT LBK, Ibu Sri Iswanti, M.Pd., kegiatan ini akan diselenggarakan secara rutin setiap dua bulan sekali dengan materi dan pembicara yang berbeda-beda. Untuk kegiatan pertama menghadirkan pembicara Arif Boedi, M.Psi, Psi, MD dari Fingerprint Consulting. Adapun tujuan diselenggarakan kegiatan ini adalah selain untuk lebih mengenalkan keberadaan UPT LBK bagi civitas akademika UNY dan masyarakat, juga sebagai salah satu bentuk pengembangan wawasan keilmuan untuk lebih meningkatkan pelayanan di UPT LBK.

Peserta dibuat terhipnotis dengan gaya penyampaian Pak Arif dan juga didukung dengan materi yang sangat menarik. Cara ini akan memperkaya teknik konseling, karena ternyata yang selama ini memakai alat tes psikologi (Psikometri) untuk mengetahui psikologis seseorang, namun sekarang dapat menggunakan sidik jari (Bimometri). 

Beliau menyayangkan, bahwa kebanyakan dari kita tidak mengetahui potensi, bakat dan kekuatan kita, apalagi kemampuan untuk membangun kehidupan di sekitar kita. Hal ini sangat dipengaruhi oleh orang tua, guru, atasan, pejabat, dan rekan-rekan kita, atau bahkan media,  sehingga dengan ketidaktahuan potensi, bakat dan kekuatan kita, dan akhirnya menjadikan kita hidup biasa-biasa saja, kekuatan kita tertidur dan diabaikan, dan ini tetap berjalan dari generasi ke generasi. Saatnyalah kita harus mengetahui potensi, bakat dan kekuatan generasi kita berikutnya, yaitu kita dan anak-anak kita.

Knowing yourself is the beginning

Mengenali diri sendiri adalah awal mula kebijaksanaan