PELATIHAN KONSELOR MAGANG

Unit Layanan Bimbingan dan Konseling Universitas Negeri Yogyakarta (ULBK UNY) melaksanakan Pelatihan Konselor Magang bagi mahasiswa Bimbingan dan Konseling yang terpilih menjadi konselor magang di ULBK. Kegiatan tersebut dilaksanakan selama tiga hari berturut-turut pada tanggal 26, 27, dan 28 Januari 2023 lalu. Pelatihan Konselor Magang dihadiri oleh 16 mahasiswa terpilih (calon konselor magang).

Pada hari pertama, 26 Januari, Bapak Dr. Suwarjo, M.Si. memberikan dan mengurai materi terkait “Eksplorasi Permasalahan Mahasiswa” beserta recall bahasan terkait kemampuan dasar yang harus dimiliki konselor. Hari berikutnya, 27 Januari, Ibu Cania Mutia, M.Psi., Psikolog. menyampaikan materi “Bagaimana Mengungkap Permasalahan Konseli?”, menyinggung ulang teori dan pendekatan konseling, serta praktik menjadi konselor-konseli dengan tiga fase kunci yaitu mendeteksi: keluhan, faktor internal, dan faktor eksternal dari gejala masalah yang dimunculkan konseli. Hari terakhir, 28 Januari, Bapak Agus Triyanto, M.Pd. menutup pelatihan konselor magang dengan menambah pengetahuan mengenai “Bagaimana Menyuguhkan Konseling Dalam Jaringan (Daring)?” dengan menjelaskan cara-cara menggunakan google (google drive, google sites, dsb) untuk kepentingan kemudahan konseling daring.

Pelatihan Konselor Magang ini bertujuan untuk menghasilkan konselor-konselor muda yang akan menjadi perpanjangan tangan konselor senior dalam melayani konseli yang merupakan mahasiswa UNY. Konseli mahasiswa UNY nantinya dapat memilih apakah ingin konseling dengan konselor senior langsung atau dilayani oleh konselor magang terlebih dahulu. Sebelum diterjunkan, calon konselor magang lebih dahulu menjadi co-counselor dalam membersamai konselor senior melayani konseli dalam beberapa waktu.